Menurut Bafadal-Ibrahim (2000:24), “Pelayanan sirkulasi adalah kegiatan kerja yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan dalam proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.”
Salah satu kegiatan
utama atau jasa utama perpustakaan adalah peminjaman buku dan materi lainya.
Kegiatan peminjaman ini sering dikenal dengan nama sirkulasi artinya
peminjaman. Meja sirkulasi, seringkali di anggap ujung tombak jasa perpustakaan
karena bagian inilah yang pertama kali berhubungan dengan pengguna atau pemakai
serta paling sering di gunakan pemakai, karenanya unjuk kerja staf sirkulasi
dapat berpengaruh terhadap citra perpustakaan (Sulistiyo-Basuki 1991 :
257).
Dari beberapa uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pelayanan sirkulasi adalah kegiatan yang harus ada di dalam perpustakaan yang berhubungan dengan bagian peminjaman dan pengembalian bahan pustaka agar dapat dipergunakan oleh pengguna secara maksimal.
Adapun tujuan dari pelayanan sirkulasi antara lain:
- Supaya mereka mampu memanfaatkan koleksi tersebut semaksimal mungkin
- Mudah untuk mengetahui siapa yang meminjam koleksi tersebut, dimana alamatnya serta kapan koleksi itu harus kembali. Dengan demikian apabila koleksi itu diperlukan peminat lain maka akan segera dapat diketahui alamat si peminjam atau dinantikan pada waktu pengembalian.
- Terjaminya pengembalian pinjaman dalam waktu yang jelas, dengan demikian keadaan pustaka akan terjaga.
- Diperoleh information kegiatan perpustakaan terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan koleksi.
- Apabila terjadi pelanggaran segera diketahui.
No comments:
Post a Comment